RADEYA

PRABU RADEYA adalah raja negara Petapralaya. Di dalam cerita pedalangan Jawa, Prabu Radeya mempunyai anak angkat bernama Basukarna atau Aradeya yang sesungguhnya putra Bathara Surya dengan Dewi Kunti, putri Prabu Basukunti raja negara Mandura. Basukarna diambil sebagai anak ketika Prabu Radeya masih menjalani bulan madu dengan istrinya, Dewi Nirada, sebagai persyaratan agar segera mempunyai anak sendiri.Sedangkan menurut Mahabharata yang mengambil Basukarna sebagai anak adalah suami-istri Adirata dan Ni Rada, sais kereta kerajaan Astina.
Dari perkawinannya dengan Dewi Nirada, Prabu Radeya memperoleh dua orang putra-putri, masing-masing bernama ; Bambang Suryanirada dan Dewi Suryawati. Tokoh Prabu Radeya hanya ditampilkan dalam lakon “Alap-alapan Surtikanti”,
kisah perkawinan Basukarna/Suryaputra dengan Dewi Surtikanti, putri kedua Prabu Salya dengan Dewi Pujawati/Setyawati dari negara Mandaraka.
Dalam peristiwa perang besar Bharatayudha antara keluarga Pandawa dan Kurawa di Tegal Kurusetra, Prabu Radeya berpihak pada keluarga Kurawa. Ia maju ke medan pertempuran memimpin sendiri prajurit negara Petapralaya. Prabu Radeya tewas dalam pertempuran melawan Arjuna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s