RARASATI

DEWI RARASATI atau Dewi Larasati, konon adalah putri Arya Prabu Rukma yang setelah naik tahta negara Kumbina bergelar Prabu Bismaka, dengan Ken Sagupi, seorang swarawati keraton Mandura. Setelah Ken Sagupi dikawinkan dengan Antagopa, seorang gembala dan tinggal di Kebuyutan Widarakanda/Widarakandang, Dewi Rarasati dianggap sebagai putri Ken Sagupi dengan Antagopa.
Dari garis keturunan ayahnya, Arya Prabu Rukma, Dewi Rarasati mempunyai seorang saudara bernama Dewi Rukmini (istri Prabu Kresna), putri Arya Prabu Rukma.dengan permaisuri Dewi Rumbini. Sedangkan dari garis keturunan ibuny, Ken Sagupi, ia mempunyai tiga orang saudara, yaitu : Arya Udawa, putra Ken Sagupi dengan Arya Basudewa, dan Arya Pragota serta Arya Adimanggala, keduanya putra Ken Sagupi dengan Arya Ugrasena.
Dewi Rarasati berwatak setia, patuh dan berbakti. Ia memiliki tabiat senang menyenangkan hati orang lain, sabar, sangat menginsyafi, mengerti dan menguasai dirinya. Selain pandai dalam mengurus rumah tangga. Dewi Rarasati juga pandai berolah keparajuritan. Ia mahir menggunakan senjata panah dan keris. Dewi Rarasati menikah dengan Arjuna dan menjadi isterinya yang pertama. Dari perkawinan tersebut ia memperoleh dua orang putra bernama; Bambang Sumitra dan Bratalaras. Ia sangat dekat hubungannya dengan Dewi Sumbadra, istri pertama Arjuna, karena semasa kecil hidup bersama di Widarakandang. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s