SURYAWATI

DEWI SURYAWATI adalah putri Sanghyang Surya dari pemaisuri Dewi Ngruni. Ia mempunyai saudara kandung bernama Bambang Suryanirada. Dewi Setyawati juga mempunyai dua saudara seayah lain ibu, putra-putra Dewi Ngruna (kakak Dewi Ngruni) yang berwujud burung garuda masin-masing bernama ; Garuda Sempati dan Garuda Jatayu (Pedalangan Jawa). Sedangkan menurut kitab Mahabharata, saudara Dewi Setyawati bernama Batara Rawiatmaja, putra Sanghyang Surya dengan Dewi Prasti/Dewi Haruti, putri Hyang Ramaparwa (putra Sanghyang Wening), yang menurunkan raja-jara negara Maespati (Prabu Kartawirya, Prabu Arjunasasra/Arjunawijaya dan keturunannya).
Oleh Sanghyang Surya, Dewi Suryawati dianugrahkan/dinikahkan dengan Gatotkaca, raja
negara Pringgandani, putra Bima./Werkudara dengan Dewi Arimbi, sesuai janji Sanghyang Manikmaya/Bathara Guru kepada Gatotkaca yang ketika masih bayi (bernama Bambang Tetuka) berhasil membinasakan Prabu P:racona dan patihnya Sakipu, raksasa-raksasa dari negara Gilungwesi yang mengamuk di Suralaya karenangin memperistri Dewi Gagarmayang. 
Dari perkawinannya dengan Gatotkaca, Dewi Suryawati memperoleh seorang putra yang sangat mirip dengan Gatotkaca dalam keberanian dan ketangguhan dan tangkas dalam medan perang, yang diberi nama Bambang Suryakaca, yang sesudah berakhirnya perang Bharatayuda diangkat menjadi senapati perang negara Astina pada masa pemerinrtahan Prabu Parikesit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s